Home » » Alumni SMAN1S Semangat Berbagi

Alumni SMAN1S Semangat Berbagi

Written By HIMASIS on Senin, 05 Agustus 2013 | 09:13

Hari-hari terakhir Ramadhan ini, alumni SMAN 1 Sumber kelas XII IPA 2 lulusan 2011 atau sering disebut D’PARO (Dua belas iPA loRO) yang saat ini menginjak tahun kedua bisa kembali berkumpul dan bertatap muka dengan teman sejawatnya dahulu. Setiap tahunnya dibulan ramadhan sudah menjadi agenda rutinan D’PARO mengadakan kegiatan reunian yang biasa dikemas dalam acara buka bersama. Selain untuk menjalin kembali silahturami ukhuwah islamiyah, acara bukber tersebut juga dijadikan sebagai ajang untuk memupuk rasa solidaritas kekeluargaan yang sudah terbangun semenjak sama-sama menimba ilmu 3 tahun silam.

Pengertian bukber bagi D’PARO juga sering diartikan sebagai wadah temu kangen melepas kerinduan sekaligus kembali mengenang masa-masa indah jaman SMA dahulu. Meskipun sama-sama memiliki kesibukan dan sudah terpisahkan oleh tembok sukses masing-masing, baik kawan yang kini bekerja maupun kawan yang saat ini meneruskan studinya ke luar daerah tetapi pondasi sikap kekeluargaan D’PARO yang dulu dibangun masih terasa hangat dan harmonis sampai saat ini. Bukti kesolidan dan kekompakan D’PARO tersebut yakni tahun ini bisa berhasil mengadakan kembali acara reunian buka bersama yang mudah-mudahan diridhoi Allah SWT. Berbeda dengan konsep buka bersama tahun sebelumnya yang biasanya diadakan di rumah makan, namun kali ini acara bukber D’PARO memilih tempat Panti Asuhan dengan mengambil tema “Mari Kumpul, Mari Peduli, Mari Berbagi Kepada Anak Yatim dan Piatu”.
Kegiatan buka puasa untuk pertama kalinya diadakan pada hari Sabtu (3/8) 2013 bertempat di Panti Asuhan Daarul Muttaqin di jalan Evakuasi, Cirebon. Panti Asuhan Daarul Muttaqin yang disinggahi D’PARO pada acara buka puasa bersama berada dibawah naungan Yayasan Daarul Sholihin atau Yayasan Penyantunan dan Pendidikan Anak Yatim Piatu sering disinggkat Yappa (The Foundation For Helping Orphans With Their Education). Uniknya panti asuhan Daarul Muttaqin ditempati oleh santri laki-laki dan perempuan yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Total penghuni panti asuhan Daarul Muttaqin berjumlah 48 orang saja.

Sebagai alumni SMAN 1 Sumber khususnya siswa D’PARO, kegiatan buka puasa bersama anak-anak yang tinggal di panti asuhan merupakan agenda pertama kali diketuai oleh Wahyudi Guntoro (Penggagas) dan disekretarisi langsung oleh vice president D’PARO tempo dulu sekaligus merangkap bendahara oleh Nurma Rosiana. Acara buka puasa bersama santri dan santriwati panti asuhan Daarul Muttaqin dibuka dengan pembacaan doa dan shalawat oleh pengurus panti asuhan dilanjutkan sambutan oleh Muh. Haidir Ali selaku perwakilan dari panitia acara buka bersama. Kemudian acara diserahkan kepada Rachmat Bayu bersama Fina selaku MC untuk memandu jalannya acara.

Rangkaian acara yang telah dipersiapkan salahsatunya yaitu games yang bertemakan “Pecahkan Balon Temanmu”. Peraturan dari games tersebut simple sekali yaitu setiap peserta membawa balon yang telah diikatkan dikakinya, lalu peserta berkewajiban untuk melindungi balon tersebut dan harus memecahkan balon dikaki lawannya, maka siapa saja yang berhasil mempertahankan balon supaya tidak pecah sampai bertahan diakhir maka dianggap sebagai sang juara. Meskipun panitia sempat mengkhawatirkan acara bakal riuh dan ricuh akan tetapi acara tetap berlangsung aman dan damai, games tersebut malah mengundang ketawa terbahak-bahak dari penonton yang menyaksikan. Bahkan terdengar suara teriak-teriak histeris pasalnya balon salahsatu peserta diincar oleh banyak lawannya yang mencoba memecahkan. Acara tersebut terbilang seru, asik, dan meriah tentunya karena games tersebut memperebutkan hadiah silver queen yang telah disiapkan oleh panitia. Sampai diakhir penghujung games didapatlah 1 orang pemenang dari santri dan 3 orang pemenang dari santriwati. Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Muh. Haidir dan Nurma Rosiana sebagai perwakilan D’PARO.

Acara tidak berhenti sampai disitu, sambil menunggu waktu adzan berkumandang para hadirin baik itu panitia, santri, santriwati, dan tamu undangan yang hadir disuguhkan oleh penampilan da’i cilik yang memberikan tausyiah dan menyampaikan banyak materi dakwah, penampilan da’i cilik tersebut mendapat banyak pujian hingga mengundang decak kagum para hadirin. Setelah diisi oleh tausyiah acara dilanjutkan dengan pembacaan sholawat bersama-sama sampai tibanya adzan maghrib. Saat adzan magrib berkumandang, santri dan santriwati, tamu undangan, dan para member D’PARO dihidangkan takjil khas saat berbuka puasa yaitu kolak yang sering kita jumpai di kios-kios penjual jajanan berbuka puasa. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah antara santri dan santriwati dengan kawan D’PARO.
Sehabis shalat magrib dilanjutkan dengan makan menu ayam bakar dan serundeng plus capcay yang telah dipesan dengan duduk lesehan membentuk posisi melingkar. Sebelum makan dimulai terlebih dulu membaca do’a makan bersama yang dipimpin oleh seorang santri dan kemudian memulai makan bersama-sama. Setelah makan selesai, seluruh panitia melakukan bersih-bersih bersama ditempat tersebut, ini menunjukan bahwa sebagai generasi muda harus mencintai lingkungan dan memberikan contoh yang baik kepada santri dan santriwati untuk peduli kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Acara dilanjutkan dengan pemberian sedikit sembako dan uang santunan kepada perwakilan pengurus panti asuhan Daarul Muttaqin dan pembagian THR oleh Kakak Nurma Rosiana untuk hari raya Idhul Fitri juga menambah keceriaan para santri dan santriwati. Acara ditutup dengan foto bersama, lalu para santri dan santriawati ini mendoakan para alumni SMAN 1 Sumber XII IPA 2 (D’PARO) dan para donatur agar diberikan kelapangan rizki, kemudahan dalam setiap pekerjaan, dan perlindungan dari Alloh SWT (Tuhan Yang Maha Esa). Aamiin

Semoga menginpirasi untuk bisa berbagi, sisihkan sedikit rezeki kepada yang berhak.
oleh
Denis Sutrisno
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN RAGU....KOMENT YUK!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIMAS1S - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger