Home » » Ramadhanku sudah memasuki babak Grand Final

Ramadhanku sudah memasuki babak Grand Final

Written By HIMASIS on Senin, 05 Agustus 2013 | 09:22

Layaknya sebuah pertandingan bulu tangkis. Seorang pemain sekelas Taufik Hidayat atau Lin Dan yang telah menjuari olimpiade harus melewati pertandingan demi pertandingan untuk melaju menjadi a winner. Hmm... berbicara mengenai pertandingan bulu tangkis kan ada beberapa babak nih, ada babak penyisihan, babak perdelapan final, babak semi final sampai yang terakhir babak final. Semakin memasuki babak akhir para penonton pun semakin berjubel memenuhi stadion untuk mendukung jagoannya ato sekedar melihat pertandingan yang berkualitas.

Lantas, apa hubungan nya dengan bulan ramadhan??? Bener ga bener nih, sesuai fakta di lapangan. Di masjid-masjid kita terjadi fenomena yang unik. Malam pertama puasa, masjid terasa sempit; jamaah membludak. Begitu sampai malam ke 5 atau 7. Memasuki malam-malam pertengahan, jamaah semakin maju; maju kedepan; masjid terasa semakin luas. Dan malam-malam terakhir di bulan ramadhan; jamaah berjubel bukan di masjid tapi di mall-mall, pasar-pasar, jalan-jalan. Sibuk mencari kebutuhan untuk lebaran. Hanya sedikit orang saja yang tetap bertahan di masjid, mereka ini lah orang-orang pilihan yang telah melalui beberapa babak layaknya pertandingan bulu tangkis.

Padahal, di zaman Rasulullah dulu. Kalo ramadhan sudah memasuki malam-malam terakhir, para sahabat mengencangkan ikat pinggang; memperbanyak ibadah kepada Allah. Karena mereka tahu pada malam-malam tersebut Allah mengobral pahala kebaikan hingga terhitung 1000 bulan yang kita kenal dengan malam Lailatul Qadar. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Qadr ayat 3-5: “malam kemulian (lailatul qadar) itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” Subhanallah,.. bukankah itu janji Allah untuk Hamba-nya yang mencari malam kemulian tersebut?.

Yuukk aahh, kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Berusaha menjadi yang terbaik di mata Allah.

Ingat, tujuan akhir kita berpuasa adalah untuk mencapai derajat Taqwa. Apa indikatornya?? Sesuai dengan isi materi pengajian yang pernah aku dengar, inilah jawabannya.

Puasa bertujuan untuk mencapai derajat manusia yang bertaqwa kepada Allah. Bagaimana bisa dikatakan bertaqwa? Apa yang bisa dilihat seseorang itu bertaqwa atau tidak? Ada 5 kuncinya.
P.U.A.S.A
P=Pengendalian diri
Puasa mengajarkan kita untuk bisa mengontrol diri dari perbuatan yang tidak baik.
U=Ulul Albab
Puasa menjadikan kita untuk selalu berdzikir (mengingat Allah) dan berfikir; bulan pengajaran.
A=Amanah
Puasa mengajarkan kita untuk jujur memegang amanah, tanpa harus orang lain tahu kita menjalankannya atau tidak.
S=Syahwat
Orang yang berpuasa dituntut untuk menjaga nafsunya. Nafsu mata, nafsu telinga, nafsu mulut, nafsu hati, nafsu akal dan nafsu kemaluan.
A=Akhlak
Puasa menjadikan kita menjadi seorang yang berakhlak mulia, senang menolong, bersedekah, peka terhadap sesama.

Dalam Al-Quran surah Ali-Imran ayat 133-136 dijelaskan bahwa ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah: (1) orang yang berinfak baik di waktu lapang maupun sempit, (2) orang yang menahan amarahnya, (3) orang yang memaafkan kesalahan orang lain, (4) orang yang bertobat (memohon ampunan) Allah jika ia mengerjakan perbuatan keji dan zalim. Bagi mereka disediakan surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai.

Kawan, adakah ciri-ciri tersebut yang melekat pada diri kita?? Kalo belum, yuk, kita perbaiki diri kita untuk mencapai derajat ketaqwaan kita.

Jadikan malam-malam terakhir bulan ramadhan ini (juga siang-siangnya) untuk kita melakukan ibadah terbaik, Raih sebanyak-banyak pahala dari Allah dan tetap mencari keridhaan-Nya. karena kita tidak bisa menjamin bisa bertemu lagi dengan ramadhan tahun depan.

Fastabiqul Khairat.
Wassalamualaikum Wr Wb
^_^

oleh
Wahyu Quraniyanto
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN RAGU....KOMENT YUK!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HIMAS1S - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger